Minggu, 06 Juni 2010

makalah anggur

TANAMAN ANGGUR ( Vitis vinifera )
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi salah satu Mata Kuliah Praktikum Botani Phareogamae yang di ampu oleh: Asep Mulyani S. Pd

Di Susun Oleh :
Nunuy Nurhayati
08541041
Bio / 2-A














JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) GARUT
2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWTyang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada jungjungan kita nabi Muhammad Saw. Allhamdulilah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Tanaman Anggur” dan inilah makalh terbaik yang dapat penulis hadirkan saat ini. Tentunya penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa dalam makalah ini terdapat banyak sekali kekurangnnya.
Penulis juga menyadari tanpa rahmat dan karunia Allah Swt serta dorongan moril maupun materil dari berbagai pihak, tentulah makalah ini tidak mungkin terselesaikan. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini izinkan penulis menghaturkan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
1. Bapak Asep Mulyani, selaku dosen mata kuliah ini
2. Teteh-teteh asisten dosen yang telah membantu saya dalam proses pratikum.
3 Ibu, Bapak dan Kakak serta saudara-saudara yang senantiasa mendo’akan dan memberikan dukungan demi kelancaran makalah ini.
4. Teman-teman kuliah yang juga memberikan masuka-masukan demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga apa yang telah beliau-beliau tersebut berikan menjadi amal soleh dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.
Demi kesempurnaan makalah ini penulis menerima kritik dan sarannya dengan hati dan tangan terbuka. Dan akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pihak-pihak yang berkompeten pada umumnya.


Garut, 15 Maret 2010


Penulis
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………..
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ...................................................................................
B. Rumusan Masalah ..............................................................................
C. Batasan Masalah ................................................................................
D. Tujuan Penelitian ...............................................................................
E. Manfaat Penelitian .............................................................................
BAB 11 PEMBAHASAN ……………………………………………………...
A. Cara Pengelolahan Tanaman Buah Anggur ………………………...
B. Macam-Macam Buah Anggur ………………………………………
C. Klasifikasi buah anggur ……………………………………………..
D. Manfaat Buah Anggur untuk Kehidupan Manusia ………………….
E. Morfologi Tanaman Anggur ………………………………………...
BAB 111 PENUTUP
A. Kesimpulan ......................................................................................
B. Saran ................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................











BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu yang merambat. Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM. Dari Mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah Laut Hitam sampai Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Sejalan dengan perjalanan Columbus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke Mexico, Amerika Selatan, Afrika selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia. Penyebaran ini juga menjadikan Anggur punya. beberapa sebutan seperti Grape di Eropa dan Amerika, orang China menyebut Putao dan di Indonesia disebut anggur.
Buah anggur telah dikonsumsi sejak jaman pra sejarah. Buah ini juga ditanam sejak 5000 SM. Ada beragam warna anggur yaitu merah, ungu, hijau dan kuning. Buah anggur terkenal kaya antioksidan, didalamnya mengandung vitamin C, provitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, mineral besi, fosfor, kalsium, kalium dan lainnya. Jika kurang suka buah jeruk, buah anggur bisa menjadi subtitusi karena kaya vitamin C.
Anggur dipakai sebagai terapi kesehatan karena mengandung magnesium tinggi yang merupakan elemen penting untuk pergerakan feses yang baik. Seorang ahli menyebutkan, manfaat anggur lainnya yaitu mampu mampu membersihkan toksin-toksin didalam hati, membantu memperbaiki fungsi ginjal, pembentukan sel darah, antivirus dan antikanker, mencegah kerusakan gigi, dan menurunkan kadar kolesterol. Anggur bersifat basa sehingga dapat menetralkan darah yang terlalu asam dan berefek merugikan tubuh.
Untuk memahami dan menghayati anggur kita harus memiliki sedikit-banyak pengetahuan tentang pokok anggur. Kita tahu anggur adalah tanaman sehari-hari di Israel yang dikenal luas. Pohon anggur ini termasuk tanaman menjalar, memiliki suatu batang tunggal yang keras dengan ranting-ranting yang menjulur dengan sulur-sulur untuk mengakaitkan dirinya. Di ranting-ranting itulah daun dan buahnya bergelantungan. Seorang petani anggur (sama seperti petani lainnya) dengan rajin memangkas dan membersihkan ranting-ranting pokok anggur ini. Ranting yang tidak berbuah dipotong dan ranting yang berbuah dibersihkan agar berbuah semakin banyak. Pada musim panas anggur dapat dimakan segar, diolah menjadi jeli, selai, jus atau bahkan difermentasi menjadi anggur.
Masih ingatkah anda dengan kisah Umar bin Khattab yang mensedekahkan kebun anggurnya karena terlena sesaat dari sholat berjama’ah. Di sisi yang lain para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa buah Anggur ini mampu menyelamatkan nyawa manusia. mari kita simak apa sabda Allah SWT dalam Alqur’an :
“Berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki. Kami jadikan bagi seseorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.” (Al-Kahfi 18 : 32)
”Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (Al Baqarah : 266).
”Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (An-nahl : 11).

Dan masih banyak ayat lain yang menyinggung buah anggur di dalamnya.
B. Rumusan Masalah
1. Cara Pengelolahan Tanaman Buah Anggur.
2. Macam-Macam Buah Anggur.
3. Klasifikasi buah anggur.
4. Morfologi Tanaman Anggur.
5. Manfaat Buah Anggur untuk Kehidupan Manusia.

C. Batasan Masalah
Agar penelitian ini memberikan suatu gambaran yang jelas mengenai maslah yang diteliti, maka penulis membatasi ruang lingkup masalah penelitian yaitu : Penulis hanya membahas mengetanai Tata cara penanaman buah anggur, Macam-macam, Klasifikasi, Manfaat

D. Tujuan Penelitian
1. Untuk Mengetahui Cara Pengelolahan Tanaman Buah Anggur.
2. Untuk Mengetahui Macam-Macam- Buah Anggur yang dapat di Konsumsi Oleh Manusia.
3. Untuk Mengetahui Klasifikasi Buah Anggur.
4. Untuk Mengetahui Morfologi Tanaman Anggur.
5. Untuk Mengetahui Manfaat Buah Anggur untuk Kehidupan Manusia.

E. Manfaat Penelitian
Hasil pembahasan dalam makalah ini di harapkan dapat di manfaatkan oleh seluruh manusia, karena tanpa di sadari kita sangat memerlukan buah anggur untuk kesehatan tubuh kita. Jadi mulai dari sekarang diharapkan semua manusia banyak mengkonsumsi buah anggur yang banyak sekali manfaatnya.





BAB II
PEMBAHASAN

A. Cara Pengelolahan Tanaman Buah Anggur

a. Syarat Tumbuh
 Iklim
1) Tanaman anggur dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah, terutama di tepi pantai, dengan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan.
2) Angin yang terlalu kencang kurang baik bagi anggur.
3) Curah hujan rata-rata 800 mm per tahun. Dan keadaan hujan yang terus menerus dapat merusak premordia/ bakal perbungaan yaitu tengah berlangsung serta dapat menimbulkan serangan hama dan penyakit.
4) Sebaiknya sinar matahari yang banyak/udara kering sangat baik bagi
pertumbuhan vegetatif dan pembuahannya.
5) Suhu rata-rata maksimal siang hari 31 derajat C dan suhu rata- rata minimal malam hari 23 derajat C dengan kelembaban udara 75-80 %.
b. Persiapan Lahan
 Bersihkan lahan, cangkul/bajak sampai gembur
 Bersihkan lahan, cangkul/bajak sampai gembur
 Buat saluran pemasukan dan pembuangan air irigasi
 Buat lubang tanam 60×60x50 cm / 75×75x70 cm, jarak tanam 3 x 3 m / 5 x 4 m, keringanginkan + 2-4 minggu, isikan tanah lapisan bawah ke dasar lubang.
 Campurkan tanah lapisan atas: pupuk kandang ( + 20-40): pasir perbandingan 1:1:2 serta Natural GLIO + 5-10 gram/lubang dan isikan kelubang bagian atas.
c. Penyiapan Bibit
 Bibit siap tanam umur 1,5 – 2 bulan.
 Perakarannya 5-10 cm tumbuh sehat
 Bertunas dua
 Kebutuhan bibit jarak tanam 3 x 3 cm sebanyak 890 batang/ha, jarak tanam 5 x 4 cm sebanyak 500 batang/ha.
 Sebulan sebelum tanam, bibit anggur tepilih diadaptasikan disekitar lahan.
d. Penanaman
Waktu tanam di akhir musim hujan (April-Juni). Siram bibit dengan POC NASA (1-2 ttp/10 lt air) + 1 minggu sebelum tanam. Beri naungan sementara. Semprot POC NASA 1-2 ttp/tangkai/10 hari hingga usia + 3 bulan setelah tanam.
e. Pengairan
Pengairan tanaman muda 1-2 kali sehari dan dewasa 3 hari sekali. Tiga minggu sebelum dipangkas, pengairan dihentikan dan 2-3 hari setelah pemangkasan air diberikan kembali. Pengairan setelah pemupukan dan dihentikan menjelang pemetikan buah
f. Pentiangan dan Pendaringan
Lahan dijaga kebersihannya dari gulma dan penggemburan tanah (Pendangiran) dilakukan sebulan sekali agar bidang olah tetap bersih dan gembur.
g. Pembuatan Rambatan
Perlu pembuatan rambatan dengan model :
1. Model Para-para, tiang para-para dipasang sesuai jarak tanam anggur dengan ketinggian 2 – 3,5 m dan dipasang para-para berupa anyaman kawat atau bilah bambu atau kayu
2. Model Pagar/Kniffin, dibuat berbentuk pagar. Jarak antar tiang 3-5 m dan ketinggian 150-200 cm, hubungkan dengan kawat yang dipasang mendatar sebanyak 2-3 jajar. Kawat pertama dibagian bawah letaknya 60 cm dari permukaan tanah, dan kawat diatasnya berjarak 70 cm. 3. Model perdu, berupa pohon atau kayu biasa, kemudian bagian atasnya dipasang tempat penyangga sepanjang 2 m dan lebar 2 m. Pemasangan rambatan dilakukan sebelum tanaman dipangkas dan dibentuk.
h. Pemangkasan dan Pembentukan Pohon
1. Waktu pemangkasan yang tepat berumur 1 tahun.
2. Usahakan tiap pohon punya batang pokok, cabang primer , sekunder dan tersier.
3. Potong batang tanaman setinggi para-para, sehingga tumbuh tunas baru (cabang primer).
4. Dua minggu cabang yang tumbuh memanjang lebih kurang 1 meter segera dipangkas pada bagian ujungnya agar tumbuh tunas baru (cabang sekunder).
5. Cabang sekunder yang panjang 1 meter dipangkas titik tumbuhnya agar tumbun tunas baru (cabang tersier).
6. Cabang tersier inilah yang menghasilkan buah.
7. Ciri cabang siap dipangkas, ujung tunasnya mudah dipatahkan, dan apabila dipangkas meneteskan air, cabang berwarna coklat.
8. Perhatikan ciri visual mata tunas yang dipangkas, mata tunas vegetatif bentuknya runcing dan generatif tumpul.
9. Cara pemangkasan anggur yaitu :
• Pangkas pendek, sisakan 1-2 mata
• Pangkas sedang, sisakan 3-6 mata
• Pangkas panjang, sisakan 7 atau lebih mata
i. Pengelolaan Buah dan Bunga
Pangkas pembuahan dilakukan 2 tahap setahun yaitu bulan Maret – April dan Juli – Agustus dan dilakukan pada cabang-cabang tersier yang telah berumur 1 tahun.
• Cabang-cabang yang tumbuh subur dipangkas dan sisakan 4-10 mata tunas, sedang cabang yang kurang subur sisakan 1-3 mata tunas
• Cabang/ranting sisa pemangkasan dibentangkan dan diatur merata di seluruh permukaan para-para, lalu diikat ke kanan dan kiri dengan tali.
• Semprot dengan HORMONIK dosis 1-2 tutup per tangki setelah dipangkas setiap 7-10 hari sekali.
• Pelihara 3 helai bunga tiap tunas dan potong tunas baru yang tumbuh di atas bunga sampai terbentuk bakal buah. Jarangkan buah pada dompolan 50% – 60 %, yaitu waktu ukuran buah sebesar biji asam dengan mengambil butir-butir buah yang letaknya berhimpitan, bertangkai panjang, abnormal, rusak dengan gunting kecil yang steril.
Jika musim hujan, pasang plastik putih dan bungkus buah dengan kantong plastic atau kertas semen paling lambat 14 hari sebelum panen.
j. Pengelolaan Hama dan Penyakit
 Hama
1) Phylloxera Vitifolia
Menyerang tanaman anggur baik muda maupun tua berakibat anggur jadi kering dan mati. Yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum pada daun terbentuk bisul-bisul kecil dan akar membengkak seperti kutil. Hama ini menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.
2) Kumbang Apogonia destructor
Bentuk kumbang kecil dan warna hitam mengkilat. Menyerang daun anggur pada malam hari dan kumbang ini mudah tertarik oleh sinar lampu.
3) Wereng daun
Serangan wereng ini menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat dan gugur.
4) Kutu putih
Dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.
5) Ulat daun
Menyerang daun untuk dijadikan makanannya.
6) Rayap
Serangan yang paling parah bila menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu dan akhirnya mati.
7) Burung, kalong, bajing dan musang
Menyerang buah yang mulai masak untuk dijadikan makanannya.
Cara untuk memberantas hama anggur dilakukan dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena serangan. Penyemprotan dilakukan secara rutin dan dihentikan menjelang masa petik. Khusus hama Phyloxera vitifolia dilakukan dengan menyiramkan insektisida di sekeliling tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sebelum tanam, setelah tanam/setelah panen. Sedangkan untuk menanggulangi hama dari hewan besar dapat memakai jebakan.
 Pengyakit
1) Downy Mildew (jamur)
Gejalanya daun nampak kuning bagian bawah terlihat ada tepung warna putihkuning.Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini
terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.
2) Powdery Mildew
Pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Menyerang pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
3) Penyakit busuk hitam
Menyebabkan buah jadi keriput, busuk dan gugur.
4) Phakospora Vitis
Daun sebelah bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
5) Peronospora
Bila udara terlalu lembab jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun. Untuk memberantas penyakit anggur dilakukan dengan menyemprotkan fungisida dengan waktu a sebelum masa berbunga, setelah berbunga dan 8-12 hari sesudah penyemprotan kedua setelah berbunga. Sedang untuk penyakit busuk hitam penyemprotan dilakukan sebelum masa berbunga, saat berbunga dan 2 minggu sebelum masa petik.
k. Panen
 Ciri dan Umur Panen
Umur panen anggur tergantung jenis yang ditanam, iklim dan tinggi tempat. Untuk daerah rendah umur buah 90-100 hari setelah pangkas, daerah dataran tinggi umur buah antara 105–110 hari. Tingkat kemasakan buah yang baik untuk dipanen adalah warna dalam satu tandan telah rata, butir buah mudah lepas dari tandan dan
keadaan buah kenyal serta lunak.
 Cara Panen
Cara panen dilakukan dalam cuaca yang cerah dan di pagi hari dengan pemetikan yang hati-hati (jangan sampai bedak hilang). Hasil pemetikan dimasukkan keranjang/dos karton diusahakan penempatannya tidak menumpuk, agar buah yang terletak di bawah tidak rusak dan pecah.
 Periode Panen
Tanaman anggur dalam satu tahun mengalami dua kali panen.
 Prakiraan Produksi
Dari areal tanaman anggur 1 ha dengan rasio jarak tanam 4 x 5, jumlah tanaman 500 batang dengan hasil panen per tahun rata-rata 7.500 kg anggur.
F Pascapanen
 Pengumpulan
Pengumpulan anggur tidak boleh ditumpuk karena dapat merusak buah dibawahnya. Hal yang penting bedak yang terdapat pada anggur dijaga agar tidak hilang.
 Penyortiran dan Penggolongan
Penyortiran dilakukan dengan menyingkirkan buah yang rusak dan buah yang masih terlalu muda dalam satu dompolan. Kemudian anggur digolongkan menurut ukuran dompolan dan keseragaman besar buah.
 Penyimpanan
Cara terbaik dalam penyimpanan adalah dengan memasukkan dalam ruangpendingin untuk mengurangi penguapan, tetapi cara yang mudah, ringkas dan kapasitas penyimpanan besar adalah dengan menggantung anggur untuk diangin-anginkan dalam ruang yang sejuk.
 Pengemasan dan Pengangkutan
Cara menggunakan keranjang bambu dilapisi kertas koran. cara ini kurang baik karena banyak buah yang rusak. Cara terbaik dengan menggunakan kotak kayu yang diisi dengan serbuk gergaji sehingga kerusakan buah dapat ditekan saat pengangkutan.

B. Macam-Macam Buah Anggur
Anggur termasuk tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis dari marga ini dapat dimakan, yang bisa dimakan hanya dua jenis yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca.
Tanaman anggur jenis Vitis vinifera mempunyai ciri:
a) Kulit tipis, rasa manis dan segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut beriklim kering.
c) Termasuk jenis ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih,Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.
Tanaman anggur jenis Vitis labrusca mempunya ciri:
a) Kulit tebal, rasa masam dan kurang segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 900 m dpl.
c) Termasuk jenis ini adalah Brilliant, Delaware, Carman, Beacon dan Isabella.

1. Anggur hijau

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.[1] Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia
2. Anggur merah (feoniculum vulgare mill)

Dalam sebuah acara kesehatan yang membahas tentang kesehatan jantung di atas meja para panelis terhidang secawan anggur merah. Saat dikonfirmasi, ternyata anggur merah dipercaya dapat menyehatkan jantung. Tetapi benarkah? Anggur merah adalah jenis anggur yang paling banyak menggugah peneliti yang terkait dengan "paradoks Perancis". Paradoks itu tercipta akibat angka penyakit jantung di Perancis yang 50 persen lebih rendah dibanding negara lain di Eropa dan di Amerika Serikat (AS)? Padahal, orang Perancis dikenal sangat gemar makan enak. Mereka terus menikmati makanan berlemak tinggi ditaburi bumbu saus pekat. Kemudian, orang menghubungkannya dengan kebiasaan orang Perancis yang mengkonsumsi anggur merah setelah makan. Kemudian, terciptalah anggapan bahwa konsumsi anggur merah dapat membantu kesehatan jantung. Ahli gizi Mellisa Southern-Garcia baru-baru ini berupaya mengungkap misteri anggur merah dari Paradoks Prancis tersebut. Namun Garcia meyakinkan, saat membahas anggur merah yang mengandung alkohol, hal yang perlu digarisbawahi adalah menenggak alkohol jelas tidak baik, baik karena alasan keyakinan keagamaan pribadi maupun masalah kesehatan. Bagi orang yang mengidap penyakit radang hati, gangguan fungsi ginjal atau jantung, dan wanita hamil jelas minuman beralkohol harus dihindari. Juga orang yang sedang dalam pemulihkan diri dari kecanduan minuman keras. Lebih lanjut peneliti meyakinkan, konsumsi anggur merah hanya cocok untuk pola makan orang Perancis. Anggur merah memang mengandung "polyphenos" dan antioksi dan yang mempunyai efek pelindung jantung. Namun, banyak pakar yang menilai, penting juga untuk melihat faktor-faktor gaya hidup lain yang melekat pada budaya Prancis. Mereka makan dengan porsi sedikit, cara makan yang pelan dan lebih santai, serta mengkonsumsi ikan segar, sayur dan buah yang mencukupi. Jadi, jika pola makan yang anda Anut mirip dengan orang Perancis, Anda baru aman mengkonsumsi alkohol kadar rendah. Batasannya, satu kali minum sehari, sedangkan pria dengan berat badan dan kekekaran tubuh memadai bisa dua kali minum dalam sehari.
Paradoks Prancis tidak akan berlaku pada orang yang memiliki risiko berbagai penyakit. Misalnya, pada orang yang beresiko tinggi terkena kanker payudara pada wanita. Artinya, hasil penelitian itu tak bisa dipakai oleh ahli kesehatan untuk menganjurkan seseorang minum alkohol demi kesehatannya. Peneliti lebih menyarankan untuk tidak meminum anggur beralkohol pada mereka yang bukan peminum minuman keras. Dia bilang, efek positif anggur dapat dicapai dengan mengkonsumsi jus buah anggur, yang merupakan sumber "polyphenols" dan antioksidan. Bagi penderita diabetes dan orang-orang yang kegemukan, diharapkan cukup waspada terhadap anggur beralkohol, yang tinggi kalori tapi rendah gizi. Satu gram alkohol mengandung tujuh kalori, sementara satu gram gula mengandung empat kalori. Maka, untuk amannya, minum saja jus anggur, hindari anggur beralkohol. Atau, lebih praktisnya lagi, kunyah saja buah anggur segar yang kandungan nutrisinya jelas lebih tinggi.
3. Anggur ungu



C. Klasifikasi Buah Anggur


Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Rhamnales
Famili : Vitaceae
Genus : Vitis
Spesies : Vitis vinifera L.
D. Morfologi Anggur
Mengkonsumsi anggur bersama kulit buah dan bijinya bisa membuat iritasi pada penderita gangguan lambung. Karena itu, bila pencernaan Anda sensitif sebaiknya berhati-hati mengosumsi biji-biji anggur. Latihlah pencernaan Anda dengan mengosumsinya dalam jumlah terbatas dulu, sambil mengamati reaksinya. Jus buah anggur berbiji yang diproses menggunakan juice extractor, sehingga minum serat kasar tetapi kaya senyawa OPC, paling disarankan bagi Anda yang memiliki sistem pencernaan sensitif.
Batang

Daun

Kulit
Kulit pada anggur merupakan bekas pembuluh pengangkutan(chalaza), yaitu pertemuan integumen dengan nuselus. Kulit dan batang pada anggur laut berkhasiat sebagai obat mencret/diare dan obat batuk. Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin,danantosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.
Biji (Ekstra Biji Anggur Ampuh Perangi Penuaan)



Biji-biji anggur pun berlimpah khasiat. Mineral mikro yang banyak terdapat dalam biji anggur merah adalah seng dan mangan. Kedua mineral mikro untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria. Manfaat lain seng dan mangan bagi kesehatan pria adalah mencegah bagi kesehatan membantu mengatasi peradangan prostat.
Banyak dijual suplemen ekstrak biji anggur merah, yang diklaim bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang menggantikan kulit tua atau rusak. Biji anggur menjanjikan kemampuan lebih baik dalam meredam penuaan dan menggiatkan peremajaan sel.
Selain buah anggur dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia buah anggur juga dapat dimanfaatkan sebagai buah segar maupun diolah sebagai produk lain seperti minuman fermentasi hasil perasan anggur yang mengandung alkohol biasa disebut Wine, dikeringkan menjadi kismis dan untuk keperluan industri selai dan jeli.
 Tumbuhan berbentuk semak
 Berumur panjang (perenial), panjang +/- 8 m.
 Akar tunggang.
 Batang berkayu, silindris, menjalar, warna hijau kecoklatan, permukaan halus.
 Daun tunggal, tersusun berseling (alternate), warna hijau. bentuk bundar hingga jorong, panjang 10 - 16 cm, lebar 8 - 14 cm, helaian daun tipis tegar, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi bergigi runcing (dentatus), permukaan berbulu (villosus). Bunga majemuk, bentuk malai (panicula), muncul di ketiak daun (axillaris), kelopak berbentuk mangkuk (urceolatus) - berwarna hijau, daun mahkota berlekatan (gamopetalus). Buah buni (bacca), bulat atau lonjong, panjang 2 - 3 cm, warna hijau, ungu, atau hitam, bentuk biji lonjong - berwarna cokelat muda. Perbanyaan generatif (biji) atau vegetatif (stek)

E. Manfaat Buah Anggur untuk Kehidupan Manusia
a. Anggur berkhasiat menghilangkan rasa capek dan bermanfaat bagi penderita anemia. Anggur mempunyai banyak sekali manfaat di antaranya:
 Banyak kandungan gula dan zat besi didalam buah anggur yang berupaya melancarkan aliran darah dan obat penderita liver, ginjal dan system pencernaan.
 Anggur merangsang berfungsi ginjal dan membantu mengeluarkan ampas - ampas tubuh melalui urin.
 Menurunkan tekanan darah. Para penderita ulcer perut, migrain, radang sendi, radang usus kecil, rematik dan keracunan disarankan minum jus anggur.
 Menguatkan organ jantung, bermanfaat dalam menyembuhkan bronchitis dan batuk, serta meningkatkan kecantikan kulit karena anggur membersihkan darah
 Meningkatkan pengeluaran air susu. Sejumlah unsur kimia yang terdapat dalam anggur dapat mengurangi kanker kulit
 Mengandung enzim yang bersifat tonik penggiat fungsi empedu.
 Mempunyai kandungan gizi, vitamin dan bahan - bahan metalik, gula dan air.
 Mencegah kanker karena dapat menghentikan peredaran sel-sel kanker.
Buah anggur yang diteliti, ternyata dapat melawan enzim yang mengatur gen dalam sel dan berfungsi untuk pertumbuhan dan reproduksi dari sel. Dengan menghambat enzim, dapat membunuh sel kanker sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dihambat.
Rajin mengosumsi anggur atau jus anggur bisa membangkitkan semangat, menghilangkan rasa lelah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dikatakan Dr Jensen hal ini sebagai dampak kemampuan jus anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal. Secara alami, buah anggur merupakan makanan pembentuk basa (alkaline forming). Sifat membentuk basa dengan kandungan air berlimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menggelontor timbunan toksin dan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi ini mencegah terjadinya penyempitan/penyumbatan pembuluh darah.
Menurut Dr Jensen, menyantap anggur atau minum jus anggur segar satu kali setiap hari selama seminggu berturut-turut bisa membantu menggiatkan tubuh menguras racun. Untuk tujuan ini, Dr Jensen menganjurkan agar anggur dikonsumsi secara tunggal (boleh dikombinasikan dengan buah anggur jenis berbeda, misalnya anggur merah dan anggur hijau), tetapi tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan lainnya.
b. Anggur Berlimpah Senyawa Antikanker
Tanaman anggur paling rentan terhadap serangan kapang, terutama kapang cendawan atau kapang jelaga, yang secara awam sering disebut "jamur". Meskipun mengganggu asimilasi daun, sehingga mengganggu perkembangan optimal buah-buah anggur, serangan kapang justru mendatangkan keuntungan. Secara alami tanaman anggur akan membentuk antibodi 3,5,4-trihidroksi-trans-stibena, yang populer dengan nama resveratrol. Ketika kita mengonsumsi anggur, resveratrol turut masuk ke dalam tubuh kita dan meningkatkan konsentrasi antibodi, sehingga menggenjot sistem kekebalan tubuh kita. Konsentrasi tinggi resveratrol dalam tubuh telah diteliti mampu menikam perkembangan pesat sel tak sehat, balk berupa tumor maupun kanker. Keampuhan resveratrol alami dalam buah anggur ini sudah terbukti lewat kemampuannya mengganyang sel-sel kanker dalam tiga tahapan. Bila anggur lebih dini dikonsumsi, resveratrol sudah akan beraksi meredam kerusakan DNA dalam sel pada tahap awal pertunasan sel benih kanker.
Kalau pun perkembangan sel kanker telah beranjak lebih lanjut, dari sel normal berangsur-angsur menjadi sel kanker, resveratrol tetap masih mampu menaklukkannya. Bahkan, bila sel kanker telah tumbuh subur dan menyebar, resveratrol bisa tetap giat melemahkannya. Namun tentu saja kekuatan pertumbuhan sel kanker tak mampu hanya diredam dengan resveratrol dan buah anggur semata. Untuk itu, diperlukan pola makan kaya bahan makanan nabati mentah (raw food) yang berlimpah zat-zat antioksidan. Kandungan senyawa antikanker ini umumnya banyak terdapat dalam buah anggur berwarna gelap, terutama anggur merah, anggur biru, dan anggur ungu. Kandungan resveratrol tertinggi terdapat di bagian kulit buah anggur.
Khasiat yang terdapat pada Anggur, merah atau hijau
Nilai khasiat per 100 g Tenaga 70 kkal 290 kJ

Karbohidrat
18.1 g
- Gula 15.48 g

- Serat pangan 0.9 g

Lemak
0.16 g
Protein
0.72 g
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg
5%
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg
5%
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg
1%
Asam pantotenat (B5) 0.05 mg
1%
Vitamin B6 0.086 mg
7%
Asam folat (Vit. B9) 2 μg
1%
Vitamin B12 0 μg
0%
Vitamin C 10.8 mg
18%
Vitamin K 22 μg
21%
Zat besi 0.36 mg
3%
Fosforus 20 mg
3%
Kalium 191 mg
4%
|Kalsium 10 mg
1%
Magnesium 7 mg
2%
Natrium 3.02 mg
0%
Seng 0.07 mg
1%

























BAB 111
PENUTUP

A. Kesimpulan
Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu yang merambat. Anggur berasal dari Armenia. Anggur termasuk tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis dari marga ini dapat dimakan, yang bisa dimakan hanya dua jenis yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca. Buah anggur telah dikonsumsi sejak jaman pra sejarah. Buah ini juga ditanam sejak 5000 SM. Ada beragam warna anggur yaitu merah, ungu, hijau dan kuning. Buah anggur terkenal kaya antioksidan, didalamnya mengandung vitamin C, provitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, mineral besi, fosfor, kalsium, kalium dan lainnya. Jika kurang suka buah jeruk, buah anggur bisa menjadi subtitusi karena kaya vitamin C.
Buah Anggur juga dapat menghilangkan rasa capek dan bermanfaat bagi penderita anemia, ekstra biji anggur ampuh perangi penuaan dan masih banyak lagi.
B. Saran
Konsumsilah buah anggur dengan rutin, tapi jangan sampai mengkonsumsi anggur yang sudah dijadikan minuman beralkohol karena dapat merusak organ-organ yang ada pada tubuh kita, maka konsumsilah buah anggur yang masih alami.










DAFTAR PUSTAKA

Sumber : Republika Online. Kesehatan: By Republika Newsroom.
http://id.wikipedia.org/wiki/Anggur
http://pandjiwinoto.co.cc/2009/07/03/beragam-manfaat-buah-anggur-buntuk-kesehatan.
http://teknis-budidaya.blogspot.com/2007/10/budidaya-anggur.html
http://www.plantamor.com/index.php?plant=1291

1 komentar: